top of page

Yeay bentar lagi liburan.. Perhatikan 10 Persiapan ini sebelum Traveling!


Source: www.wix.com

Anda ingin menikmati liburan di luar negeri? Tentu ada banyak hal yang perlu Anda persiapkan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Apalagi jika Anda pergi bersama keluarga tercinta, tentu saja persiapan tidak tertuju pada diri Anda sendiri. Agar tidak ada yang terlupa, yuk simak persiapan apa saja yang wajib Anda lakukan.



1. Paspor. Identitas Anda selama di Luar Negeri

Ketika Anda berada di luar negeri maka Anda harus memiliki paspor yang merupakan identitas internasional Anda. Pastikan masa berlaku paspor di atas enam bulan agar tidak terjadi masalah di negara tujuan. Karena paspor ini sangat penting, Anda harus punya copy-nya untuk menghindari kejadian yang tidak terduga seperti hilang atau tertinggal. Namun Anda tetap harus berhati-hati ya. Jika sampai hilang, copy dari paspor Anda bisa digunakan untuk mendapat SPLP (Surat Perjalanan Laksana Paspor). Apa itu SPLP? SPLP adalah surat yang dikeluarkan KBRI ketika ada warganya yang kehilangan paspor. Jadi Anda bisa pulang ke Indonesia meski paspor Anda hilang. Jadi, tolong disiapkan ya copy paspor Anda! 3 fotokopi paspor cukup Peeps.

2. Cari KBRI di Negara tujuan

Kenapa Anda harus mencari KBRI di negara tujuan? Untuk melaporkan diri. Jika Anda pergi berlibur lebih dari seminggu, ada baiknya Anda melaporkan diri di KBRI. Tujuannya untuk mendapatkan perlindungan dan bantuan dari KBRI jika terjadi sesuatu yang tidak diduga seperti kecelakaan, terpisah dari anggota keluarga, paspor hilang, dan sebagainya.


Melaporkan diri ke KBRI sebenarnya tidak wajib, namun tidak ada salahnya jika Anda ingin berjaga-jaga, mengingat Anda hanyalah tamu yang sedang mengunjungi suatu negara. Syarat untuk melakukan proses pelaporan diri adalah menyediakan pas foto ukuran paspor sebanyak dua lembar dengan latar terang. Sesampainya di KBRI, Anda tinggal menunjukkan paspor, menyerahkan foto, dan mengisi formulir lapor diri dan biayanya GRATIS ya Peeps.

3. Vaksinasi agar terhindar dari Virus

Ini juga bagian penting yang harus Anda tahu ketika ingin ke luar negeri. Anda tentu pernah dengar isu-isu penyakit menular di negara tertentu. Anda perlu mencari tahu negara yang ingin Anda kunjungi apakah sedang memiliki kasus penyakit menular atau semacamnya, Anda harus tetap melindungi diri dimana pun Anda berada, pastikan Anda dan keluarga yang akan berangkat ke luar negeri melakukan vaksinasi terlebih dahulu. Jangan sampai Anda kembali ke tanah air dengan membawa virus dari negara lain ya Peeps.

4. Asuransi Perjalanan agar Anda merasa nyaman

Asuransi sebenarnya penting. Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi selama perjalanan Anda. Biaya yang Anda keluarkan untuk asuransi tidak akan seberapa dengan resiko yang mungkin terjadi selama perjalanan Anda. Harga asuransi akan disesuaikan dengan negara yang ingin Anda tuju dan berapa lama Anda berada di negara tersebut.

5. Uang kecil di kantong yang berbeda

Ini juga penting! Anda perlu menyiapkan uang lokal dengan pecahan yang lebih kecil. Tujuannya untuk memudahkan Anda dalam bertransaksi dengan orang lokal, seperti membeli makanan ringan ataupun biaya transport yang dekat-dekat selama Anda disana. Taruh uang kecil di kantong atau dompet yang berbeda agar Anda tidak perlu mengeluarkan dompet utama Anda dan juga mencegah kesempatan orang lain melihat isi dompet Anda. Ingat kejahatan bisa terjadi dimana saja, jadi Anda perlu waspada ya Peeps.

6. Persiapan akses Internet selama perjalanan

Kemungkinan biaya tidak terduga selama Anda di luar negeri sangatlah besar. Salah satu aktivitas yang menyebabkan bengkaknya pengeluaran Anda adalah biaya internetan dan panggilan telepon selama Anda di negara tujuan. Sebaiknya Anda sudah menyiapkan dan memprediksinya sebelum hari keberangkatan. Solusi untuk internetan yang lebih murah di luar negeri adalah Anda bisa menyewa modem internasional dari Indonesia yang bisa Anda gunakan dengan mudah selama Anda di luar negeri.


7. Kalkulator kecil untuk beli oleh-oleh

Tentu Anda tidak menguasai berbagai bahasa kan? Dan biasanya tempat membeli oleh-oleh yang murah dan terjangkau merupakan pasar atau kios warga lokal. Tidak semua warga lokal pandai berbahasa inggris. Untuk itu Anda perlu menyiapkan kalkulator kecil untuk membantu Anda dalam melakukan transaksi. Kalkulator digunakan untuk menunjukan penawaran Anda terhadap barang yang mau dibeli. Dan juga untuk menghindari kesalahan dalam perhitungan.
8. Obat-obatan jangan lupa

Obat-obatan jangan sampai terlewat dari persiapan Anda. Apalagi jika Anda mudah masuk angin atau memiliki riwayat penyakit tertentu pasti tidak akan mudah untuk menemukan obat disaat darurat di negeri orang makan Anda perlu menyiapkan obat yang biasanya Anda minum dan juga P3K. Ingat Obat yang perlu Anda bawa tidak perlu berlebihan. Seperlunya saja ya Peeps.

9. Perhatikan sistem Transportasi negara tujuan

Liburan tidak untuk menghabiskan uang ya Peeps! Anda perlu mempelajari sistem transportasi di negara tujuan. Naik taksi akan menguras uang Anda, maka dari itu Anda harus mengerti transportasi apa yang bisa Anda gunakan selama di luar negeri seperti MRT, trem, bus, dan angkutan umum lainnya. Aplikasi map online juga dapat membantu Anda menemukan destinasi tujuan Anda. Pastikan Anda bisa membaca peta di aplikasi ya Peeps. Untuk koneksi internetnya Anda tidak perlu kuatir kalau sudah menggenggam modem internasional.

10. Adaptor untuk keperluan charger gadget
Jangan lupa hal kecil ini ya Peeps.. Colokan! Ya, Anda perlu menyiapkan adaptor yang bisa digunakan dimana saja. Colokan ini berstandar internasional. Googling di online shop pasti Anda akan mudah mendapatkannya. Karena jika tidak dipersiapkan Anda akan kesulitan menggunakan smartphone untuk berkomunikasi dan mengakses internet.

Menyiapkan semua keperluan ketika ingin bepergian jauh memang terlihat merepotkan tapi jika Anda dapat menyiapkan semuanya secara lengkap dan detail Anda dapat meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Dan tentu saja perjalanan Anda akan terasa lebih nyaman dan menenangkan.
Selamat berlibur ya Peeps!

Salam Sukses dari Sewa-sewa.com!

Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page