top of page

Tips Menjadi Tuan Rumah Acara Buka Bersama


Source: http://www.theindependentbd.com/arcprint/details/96075/2017-05-24


Memasuki bulan Ramadhan, momen buka puasa bersama atau bukber merupakan hal umum yang terjadi. Acara buka bersama ini menjadi tempat untuk berkumpul bersama teman hingga kerabat. Tidak heran, berbagai restoran sudah penuh dengan booking-an sehingga salah satu solusi yang tepat yaitu dengan mengadakan bukber di rumah. Bukber di rumah memang asyik dan menyenangkan, namun bagi si tuan rumah acara ini bisa memusingkan. Apa saja sih yang perlu dipersiapkan jika Anda menjadi tuan rumah dari acara buka bersama? Yuk simak tips berikut!


Source: https://www.ntv.com.tr/saglik?sayfa=160


1. Tata Ulang Dekorasi Rumah

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menata ulang dekorasi agar mendapatkan ruangan yang cukup besar dan dapat menampung jumlah tamu undangan. Selain melakukan dekorasi ulang, Anda juga harus membersihkan ruangan tersebut dari barang-barang yang dapat mengganggu kelancaran acara. Sebanyak apapun tamu undangan untuk acara bukber nanti, pasanglah karpet di ruangan tengah. Anda juga dapat menyediakan kursi apabila Anda merasa lebih nyaman jika para tamu tidak duduk dilantai. Apabila Anda tidak memiliki barang-barang yang dapat menunjang acara Anda, Anda dapat mengunjungi website penyewaan sewa-sewa.com yang menawarkan barang-barang yang dapat melengkapi acara Anda di rumah seperti peralatan dekorasi, furniture, hingga alat catering.

2. Pastikan Punya Perlengkapan Makanan Yang Cukup

Perlengkapan makanan seperti piring, sendok dan garpu harus dipastikan cukup untuk para tamu. Apabila jumlah percatan makan di rumah Anda tidak cukup, Anda dapat menyiasatinya dengan makan bersama di atas daun pisang ataupun Anda dapat menyewa perlengkapan makan tersebut.

3. Gunakan Gelas Plastik

Salah satu tantangan yang harus Anda hadapi setelah menjadi tuan rumah acara bukber adalah membersihkan semua perlengkapan makanan dan juga membersihkan rumah. Untuk itu, Anda dapat mengurangi cucian piring dengan menggunakan gelas plastik sekali pakai untuk minuman.

4. Bersihkan Kamar Mandi

Kamar mandi di rumah Anda akan menjadi ruangan yang pastinya akan dikunjungi oleh tamu, terutama untuk ambil wudhu sholat. Usahakan dan pastikan bahwa kamar mandi Anda sedang dalam kondisi yang bersih dan rapih ya saat tamu undangan datang.

6. Siapkan Ruangan Untuk Sholat

Apabila kediaman Anda jauh dari mushola atau masjid, Anda perlu mempersiapkan tempat sholat untuk para tamu undangan. Alasannya karena orang-orang umumnya lebih suka melaksanakan ibadah sholat Magrib terlebih dahulu sebelum menyantap makan malam. Dengan menyediakan ruang sholat, para tamu dapat dengan bebas melakukan ibadah tanpa repot mencari tempat.


7. Pilih Menu Praktis

Dalam menentukan menu makanan untuk acara bukber, pilihlah menu yang lebih mudah dan praktis dibuat untuk memudahkan tugas Anda. Alasan lainnya adalah walaupun makanan serba santan menggugah selera, kenyatannya banyak orang tidak ingin menikmati jenis hidangan berat untuk berbuka. Sehingga lebih baik Anda memilih menu yang ringan.

8. Gunakan Teknik Potluck

Apabila Anda merasa kerepotan dengan semua persiapan diatas, Anda dapat menggunakan teknik potluck yaitu meminta setiap tamu untuk membawa sejenis makanan masing-masing. Nah, dengan teknik ini Anda tidak perlu repot lagi untuk masak ini itu.

9. Tempat Parkir Untuk Tamu

Permasalahan yang seringkali ditemukan adalah kesulitan parkir. Apabila Anda mengundang cukup banyak tamu, terlebih mereka kebanyakan membawa kendaraan sendiri, usahakan Anda memikirkan terlebih dahulu dimana mereka bisa parkir. Anda dapat meminta izin kepada RT ataupun tetangga untuk dapat menggunakan lapangan dekat rumah maupun pinggir jalan sebagai lahan parkir.


Setelah membaca tips-tips diatas, semoga persiapan Anda menjadi tuan rumah

lancar ya! Selamat menikmati acara buka puasa bersama.

Salam sukses dari Sewa-sewa.com!

Sumber:https://www.shopback.co.id/blog/9-persiapan-buat-kamu-yang-jadi-tuan-

rumah-acara-bukber

Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page