top of page

Tips Mengadakan Seminar yang Baik

source: https://redhatblog.com

Seminar adalah sebuah pertemuan yang membahas topik khusus dan bertujuan untuk memberikan informasi bermanfaat. Seminar digunakan baik dalam bentuk pengajaran akademis maupun untuk pekerjaan yang digunakan oleh organisasi komersial atau profesional. Partisipasi aktif dari peserta merupakan hal yang diharapkan dalam seminar, namun seringkali karena kesalahan-kesalahan yang malah menyebabkan gagalnya seminar. Untuk itu, berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyelenggarakan seminar:


1. Konsep yang Jelas

Pikirkanlah konsep dari seminar ini, apa tujuan Anda mengadakan seminar tersebut serta apa yang ingin disampaikan ke peserta. Buat isi konsep Anda sejelas mungkin sehingga seminar berjalan dengan baik.


2. Tema dan Materi Menarik

Tentukan tema yang menarik dan berhubungan dengan identitas Anda sebagai penyelenggara. Pilih tema yang sedang tren dan menjadi perbincangan masyarakat agar menarik bagi peserta.


3. Peserta

Setelah menentukan tema dari seminar Anda, tentukan siapa target peserta dari seminar. Target peserta dari seminar Anda harus sesuai dengan tema yang telah ditentukan, sehingga peserta tersebut dapat berpartisipasi secara aktif dalam mengikuti kegiatan seminar.


4.Narasumber dan Moderator

Narasumber dan Moderator merupakan faktor penting dalam menentukan keberhasilan seminar. Pilihlah narasumber dan moderator yang sudah memiliki pengalaman, latar belakang pendidikan dan popularitas. Jangan hanya memikirkan popularitas dari narasumber saja ya!


5. Ruang dan Peralatan Seminar

Ruang seminar yang memadai memungkinkan interaksi aktif dari seluruh peserta. Gunakan ruang seminar yang luas agar dapat menaruh peralatan seperti kursi, meja bundar, proyektor ataupun papan tulis. Apabila ruang seminar yang Anda gunakan tidak menyediakan peralatan-peralatan seminar, Anda dapat menyewa semua keperluan mengadakan seminar pada jasa penyewaan perlengkapan seminar, Anda dapat mengunjungi website Sewa-sewa.com untuk mendapatkan peralatan seminar dengan harga terjangkau dan kualitas yang sudah terjamin. Selain itu, untuk mempercantik ruangan atau mendukung tema seminar yang akan diselenggarakan, Anda juga dapat memberikan sentuhan dekorasi pada ruangan tersebut. Peralatan untuk mendekor pun Anda dapat menyewanya di Sewa-sewa.com dari mulai dekorasi yang sederhana sampai dengan dekorasi yang tematik. Anda juga bisa memilih paket-paket penyewaan peralatan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda.


6. Persiapkan dengan Matang

Persiapan yang tidak matang, dapat menghancurkan seminar Anda. Lakukanlah latihan atau gladi resik untuk dapat menghadapi hal-hal diluar rencana bersama tim / crew seminar tersebut.


7. Evaluasi

Setelah selesai menyelenggarakan seminar, jangan lupa melakukan evaluasi. Evaluasi kadang dianggap remeh, padahal evaluasi merupakan faktor penting lain dalam mengadakan seminar. Bahaslah apa saja masalah yang timbul dalam seminar dan apa yang perlu diperhatikan selanjutnya sehingga Anda dapat memperbaikinya di seminar selanjutnya.


Nah, setelah mengetahui tips-tips diatas, tunggu apa lagi? Semoga seminar Anda berjalan dengan baik.


Salam sukses dari Sewa-sewa.com!



Sumber:http://www.kreasilangit.com/artikel/7-tips-atau-cara-mengadakan-seminar-yang-tidak-bisa-rugi.html

Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page