top of page

Tips Memulai Usaha Catering Rumahan


Source: ikea baking products

Catering merupakan salah satu keputusan penting dalam menyiapkan acara karena apabila hidangan makanannya dibawah standar, maka itu akan menghancurkan acara tersebut. Nah, karena banyaknya jumlah peminat dari catering ini, bagi Anda yang memang gemar memasak dan ingin memulai usaha baru, Anda dapat memulai bisnis catering rumahan sendiri. Bisnis catering rumahan termasuk flexible karena dapat Anda sesuaikan dengan modal, waktu, dan tenaga tetapi untuk perencanaannya harus dipikirkan dengan matang dan detail. Untuk itu yuk lihat tips memulai usaha catering rumahan berikut:

Source : rumahdapur.com

1. Lakukan Riset

Melakukan riset adalah hal yang pertama yang harus Anda lakukan untuk memulai. Buatlah daftar jenis makanan yang Anda kuasai dan perhatikan persaingan pasar. Anda juga dapat melakukan riset untuk mengetahui kebutuhan dari pasar yang kemudian dapat disesuaikan dengan keahlian Anda.



2. Konsep


Jika modal Anda terbatas, pilihlah konsep bisnis yang dapat membuat perputaran modal optimal. Dengan memperjelas konsep bisnis Anda, semakin mudah Anda dapat memulai bisnis tersebut.



3. Perencanaan


Masukkan semua poin penting mengenai tindakan yang perlu Anda lakukan untuk memulai dan menjalankan bisnis catering rumahan, tidak perlu menunggu hingga perencanaan Anda ideal. Poin-poin yang wajib termasuk dalam perencanaan Anda adalah supplier, target pasar, dan vendor.



4. Modal


Pikirkanlah modal awal dan operasional secara matang serta pertimbangkan dari mana Anda akan mendapatkan modal. Hitung kapan target Anda untuk balik modal.



5. Peralatan


Dalam bisnis catering rumahan, Anda perlu menyiapkan peralatan untuk makanan yang disajikan. Apabila Anda memiliki modal yang sedikit, cobalah dengan menyewanya terlebih dahulu. Dengan menyewa, Anda dapat menghemat budget dan tentu saja hemat ruang penyimpanan barang. Keuntungan lainnya yaitu Anda dapat menentukan dan memilih alat catering yang paling terbaru yang dapat disesuaikan dengan tema acara. Saat ini terdapat beberapa penyedia jasa penyewaan alat catering, salah satunya adalah Sewa-sewa.com yang menyewakan secara lengkap peralatan catering.



6. Promosi


Jangan lupa untuk melakukan upaya promosi! Anda dapat memulai pemasaran dengan menggunakan media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook. Masukkanlah foto atau video makanan yang menjadi andalan Anda dengan tampilan yang menarik, tidak perlu menggunakan photographer professional, Anda dapat melakukannya sendiri apabila memiliki Alat Video Shooting. Selain itu, Anda juga dapat melakukan kerja sama dengan event organizer atau venue agar bisnis catering rumahan Anda semakin dikenal.

Nah, setelah mengetahui tips-tipsnya, tunggu apalagi? Semoga bisnis catering rumahan Anda berjalan dengan baik.

Salam sukses dari Sewa-sewa.com!

Sumber: https://www.talknesia.com/article/tips-memulai-usaha-catering-rumahan

Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page