top of page

Apa itu Lighting? (Tata Cahaya Pementasan)


Lighting merupakan unsur utama dalam sebuah pementasan atau event. Lighting adalah penataan peralatan pencahayaan, dalam hal ini lighting berfungsi untuk menerangi panggung untuk mendukung sebuah acara. Secara umum itulah fungsi dari tata cahaya. Dalam teater, lighting terbagi menjadi dua yaitu:


  1. Lighting sebagai penerangan berfungsi untuk menerangi panggung beserta unsur-unsurnya sehingga pementasan dapat terlihat oleh audiens.

  2. Lighting sebagai pencahayaan berfungsi sebagai unsur artisitik pementasan. Yang satu ini, bermanfaat untuk membentuk dan mendukung suasana sesuai dengan tuntutan naskah menjadi seperti nyata.


Apa saja unsur-unsur dalam lighting yang harus diperhatikan?

  1. Tersedianya peralatan dan perlengkapan, antara lain: lampu, kabel, holder dan beberapa peralatan yang berhubungan dengan lighting dan listrik. Tidak ada standar yang pasti seberapa banyak perlengkapan tersebut, semuanya bergantung dari kebutuhan event yang akan berlangsung dan kualitas lighting yang diharapkan.

  2. Tata letak dan titik fokus. Tata letak adalah penempatan lampu sedangkan titik fokus adalah daerah jatuhnya cahaya. Pada umumnya, penempatan lampu dalam pementasan adalah di atas dan dari arah depan panggung, sehingga titik fokus tepat berada di daerah panggung. Dalam teorinya, sudut penempatan dan titk fokus yang paling efektif adalah 450 di atas panggung. Namun semuanya itu sekali lagi bergantung dari kebutuhan event. Teori lain mengatakan idealnya, lighting dalam sebuah pementasan (apapun jenis pementasan itu) tata cahaya harus menerangi setiap bagian dari panggung, yaitu dari arah depan, dan belakang, atas dan bawah, kiri dan kanan, serta bagian tengah.

  3. Keseimbangan warna. Maksudnya adalah keserasian penggunaan warna cahaya yang dibutuhkan. Hal ini berarti, lightingman harus memiliki pengetahuan tentang warna (berpengalaman).

  4. Penguasaan alat dan perlengkapan. Artinya lightingman harus memiliki pemahaman mengenai sifat karakter cahaya dari perlengkapan tata cahaya. Tata cahaya sangat berhubungan dengan listrik, maka Anda harus berhati-hati jika sedang bertugas menjadi light setter atau penata cahaya.

  5. Pemahaman alur acara. Artinya lightingman harus paham mengenai alur acara yang akan berlangsung.


Dalam sebuah acara, setiap orang yang tergabung di dalam sebuah event memiliki peran yang sama pentingnya antara satu dengan yang lain. Jika salah satu bagian terganggu, maka akan mengganggu jalannya proses event secara keseluruhan. Maka kerjasama dan kekompakan harus ditingkatkan agar acara dapat berjalan sukses dan tanpa kendala.



Salam sukses dari sewa-sewa.com!

Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page