top of page

Pengetahuan dasar tentang menyewa Lighting untuk keperluan event




Bagi Anda yang merupakan pemula dalam menyewa lighting untuk keperluan Anda pasti akan dibingungkan dengan berbagai macam jenis dan fungsi dari setiap lighting yang ada. Terdapat banyak pilihan dan harga yang tentu saja berbeda. Namun bagaimana cara memilih lighting yang tepat sesuai kebutuhan Anda? Berikut tipsnya:


  1. Pastikan tempat penyewaan lighting terpercaya dan jelas produk-produknya, cek disini

  2. Sebelum menyewa, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan customer service, mereka pasti dengan senang hati akan memberikan gambaran dan solusi untuk kebutuhan lighting Anda

  3. Sebaiknya Anda juga mempelajari sendiri tentang lighting sebelum menyewa-nya, agar Anda mendapatkan sedikit gambaran mengenai lighting.

Setelah Anda tahu tipsnya, kemudian apa saja sih jenis lighting yang ada di pasaran saat ini? Berikut saya akan menjabarkan secara singkat mengenai jenis-jenis lighting dan fungsinya yang saya dapat dari blog-nya kulilampu.


  • PAR64 : Mengapa disebut PAR64? Anda dapat membacanya di bagian lain topik ini. PAR64 adalah lampu sorot yang biasanya berkekuatan 1000watt (ada juga yang 500 watt). Entah itu kebiasaan yang umum atau bagaimana, PAR64 biasanya sudah dipaket menjadi BAR. 1 BAR terdiri dari 6 unit PAR64, dimana ada pipa besinya (almunium), dan 2 lampu akan hidup secara silih berganti bilamana dihidupkan. (semoga anda dapat membayangkan). Dan PAR64 di BAR ini terdiri dari 3 warna sesuai kebutuhan. Anda pun juga dapat memilih warna-warna yang Anda inginkan. Dan bila 1 BAR terdiri dari 6 lampu PAR64 berarti kebutuhan listrik menjadi 6000 watt. Ingat, semakin banyak lampu yang anda sewa maka semakin banyak kebutuhan listrik yang Anda butuhkan.

  • Effect Light : Ini dapat diartikan sebagai lampu ada mesinnya. Apabila Anda pernah melihat tayangan konser di televisi atau konser musik di kota Anda. Maka Anda melihat sorot lampu (entah dari bawah/atau atas) yang dapat berputar kemana-mana dan dapat berganti ganti warna. Dan dapat berganti gobo (bentuk sinar sorot tersebut). Total watt dari lampu ini sangat bervariasi sesuai dengan merk dari lampu ini. Namun disini saya akan menyebutkan watt dari inti lampu sendiri dimana tersedia dalam ukuran 575 watt dan 1200 watt dan masih ada yang lebih besar lagi. Ada 2 bentuk dasar dari lampu ini. Moving Head dan Scanner. Moving head dimana kepala mesin itu sendiri yang mengeluarkan sorot lampu dapat bergoyang naik turun (tilt) dan kiri kana (pan). Dan Scanner, dimana hanya kaca sebagai pemantul dari sorot lampu dapat pan dan tilt.

  • Follow Spot : Lampu sorot khusus yang biasanya manual dan diletakkan jauh dari panggung. Biasanya digunakan untuk keperluan menyorot dan mengikuti langkah seseorang. Biasanya dalam wedding digunakan untuk menyorot saat pengantin masuk ke ruangan dari pintu masuk. Kekuatan dari Follow Spot biasanya 1200 watt atau lebih. Dan diletakkan lebih tinggi dari lantai.


  • Fresnell : Lampu dasar yang mengeluarkan sorot putih bersih, bentuknya bermacam-macam ada yang kotak dan ada yang bulat sisi depannya. Kekuatan dari lampu ini mulai dari 1000watt. Namun kebanyakan tersedia dalam ukuran 2000 watt. Lampu ini sangat dibutuhkan untuk setiap acara. Dikarenakan kebutuhan kamera video dan kamera foto menjadi lampu yang sangat mendasar. Meskipun kasat mata, Anda tidak dapat membedakan sorot PAR64, FollowSpot, dan Fresnell, tapi kamera tak dapat tertipu.

  • Smoke Machine : Spesial efek ini berguna untuk membuat asap, yang dimana keluar untuk menimbulkan kesan kesan tertentu. Asap putih ini hampir tidak berbau (Namun ada kalanya dibuat bau harum). Penggunaan smoke juga untuk menampilkan kesan kuat dari sorot Effect Light dan Par64. daya listrik dai smoke mechine sekitaran 1000watt.

  • Hazer : Spesial efek ini hampir mirip dengan Smoke machine, namun asap yang keluar lebih halus dan tidak ketara. Hazer pada umumnya dipergunakan untuk acara-acara di dalam ruangan. Kesan berkabut yang berlebihan membuat para juru foto sering protes kepada lightingman. Namun hazer ini sangat diperlukan untuk membuat kesan event Anda dapat dibuat dengan sedemikian rupa. Karena Hazer juga berperilaku sebagai pendukung dalam penciptaan suasana, ditambahkan warna-warna yang dikeluarkan ole PAR dan effect light. Kebutuhan daya listriknya kurang dari 1000watt .


  • Bubble : Untuk keperluan pesta Anda, penambahan spesial efek ini juga sangat penting dimana bubble ini mengeluarkan balon udara kecil-kecil yang sangat banyak, yang dihasilkan dari cairan yang dihembuhan oleh angin yang diciptakan oleh mesin dengan sedemikian rupa. Biasanya bubble ini terlihat saat moment potong kue Ultah atau Potong kue perkawinan. Daya yang dibutuhkan berkisar dibawah 500watt.


  • Conffeti : Ada berbagai macam conffeti. Namun yang mendasar dari Conffeti adalah sebuah stick pipa panjangnya mulai dari 25cm sampai 1,25-an meter. Dimana akan keluar kertas tabur kecil, bilamana diletuskan. Jangan kuatir, karena letusan tersebut diciptakan lewat udara yang dimampatkan. Terdapat berbagai model dari confetti ini.

  • Firework : Kembang api sangat banyak modelnya, ada seperti air mancur (disebut juga pyro). Watter fall dimana percikan air mancur bukan dari bawah melainkan dari atas ke bawah, biasanya dijual per 5 meter terdiri dari 20 buah.

  • Snow Machine : Mesin yang dapat mengeluarkan busa busa putih, seperti layaknya salju.

  • Dry Ice : Seperti halnya smoke machine, dry ice mengeluarkan asap putih dingin tapi asapnya terbang merendah dimana menimbulkan kesan seperti diawan.

Setelah Anda mengetahui jenis-jenis lighting yang disebutkan di atas, tentu Anda sudah dapat menentukan lighting seperti apa yang Anda butuhkan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dalam mensukseskan event Anda!!!

Salam Sukses dari sewa-sewa.com!

Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page